Selasa, 04 Januari 2011

Bagian IV. PEMASARAN

Konsep Dasar Pemasaran  
1. Pasar:
adalah persetujuan antara para pembeli (penyewa)       dengan para penjual untuk memindahkan hak- hak miliknya atau transaksi jual/beli atas barang dan jasa, sifat dari pertukaran atau transaksi tsb.disebabkan adanya pembeli dan penjual yang potensial.
2. Pemasaran adalah suatu sistem kesederhanaan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk  merencanakan dan menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial.
3. Manajemen Pemasaran:
 Adalah penganalisisan, perencanaan, dan  pengawasan program-program yang ditujukan  untuk    mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud mencapai tujuan organisasi.
Hal tsb. Tergantung pada penawaran organisasi dalam:
- memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar,
- menentukan harga,
- mengadakan komunikasi dan distribusi yang     efektif untuk: memberitahu, mendorong, dan melayani pasar.
Elemen pokok dalam konsep pemasaran  (Falsafah Bisnis):
a. Orientasi konsumen/pasar/pembeli,
b. Volume penjualan yang menguntungkan,
c. Koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan dalam pemasaran
B.  Tujuan Pemasaran
Untuk mengetahui dan memahami konsumen dengan baik, sehingga produk atau jasa cocok bagi konsumen dan bisa terjual dengan sendirinya.
SASARAN PEMASARAN
  • Target penjualan perusahaan tidak hanya dinyatakan dalam satuan produk (unit), tetapi juga dalam periode seperti bulanan, kuartalan, tahunan, dsb.
  • Salah satu fungsi pokok manager, selain perencanaan dan penerapan, adalah pengawasan/pengendalian.
  • Pengawasan rencana tahunan (annual plan control)
  • Pengawasan kemampuan mendapatkan laba (profitability control)
  • Pengawasan strategi (menyangkut produk, sumber, tujuan perusahaan)
PENGAWASAN YANG DILAKUKAN MANAJEMEN
  1. Mengetahui apa yang terjadi.
  2.  Mengetahui mengapa hal itu terjadi. 
  3. Menentukan tindakan selanjutnya.
ASPEK PEMASARAN
  • Mengetahui gambaran pasar
  • Rencana penentuan harga
  • Mengetahui potensi pembeli,
  • Menentukan lokasi
  • Distribusi
  • Pengendalian mutu produksi
  • Promosi
MENGETAHUI CALON PEMBELI
  • Salah satu tujuan pemasaran: mempengaruhi pembeli untuk bersedia membeli barang/produk pada saat mereka membutuhkan.
  • Langkah awal agar kita mengetahui calon pembeli adalah melalui “segmentasi pasar” (kegiatan membagi-bagi pasar yang sifatnya heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen)
  • Dasar segmentasi pasar:
1. Faktor demografi (umur, kepadatan penduduk, jenis                kelamin, agama, kesukaan, pendidikan)
2. Tingkat penghasilan (jenis pekerjaan, gaji/upah)
3. Faktor sosiologis (budaya, kelas sosial)
4. Faktor psikologis (kepribadian, sikap, manfaat produk)
  • Keputusan yang diambil oleh calon pembeli meliputi komponen:
                1. Jenis produk,
                2. Bentuk produk,
                3. Merk
                4. Penjualnya,
                5. Jumlah produk,
                6, Waktu pembelian,
                7. Cara pembayaran,
MEMPERKUAT PROMOSI
  • Promosi meliputi semua jenis kegiatan pemasaran yang ditujukan untuk mendorong permintaan.
  • Dalam usaha memperluas promosi, perlu diterapkan Promotional Mix:
1. Periklanan,
2. Penjualan perseorangan,
3. Publisitas,
4. Promosi penjualan,
  • Faktor-faktor dalam tata letak suatu produk:
jenis barang, luas ruang, pesaing, selera konsumen, segmen pasar, alokasi biaya.
CARA-CARA  MENARIK  PEMBELI
  • Usaha/langkah yang seharusnya ditempuh dalam menarik pembeli yaitu dengan mengembangkan strategi Marketing Mix:
1. Produk (mencakup penentuan bentuk, mutu,merk, kemasan, garansi, layanan sesudah penjualan)
2. Promosi (periklanan, penjualan perorangan,publisitas, promosi penjualan)
3. Harga (harus dipertimbangkan biaya, laba,persaingan, perubahan keinginan pasar, dll.)
4. Distribusi (harus dipilih untuk pemasaran produk/jasa: jenis produk, alokasi biaya, sistem transportasi, penyimpangan, pemilihan saluran)
PEMBERIAN PELAYANAN
  • Dalam pemasaran dikenal “pembeli adalah raja”
  • Perusahaan harus mengikat konsumen lewat pemberian pelayanan yang baik melalui penciptaan sarana komunikasi pemasaran yang efektif.
  • Pelayanan terhadap konsumen mengikuti kerangka promosi AIDA:
1. Attention (usaha untuk mendapatkan perhatian)
2. Interest (usaha untuk mempertahankan minat)
3. Desire (usaha untuk menimbulkan keinginan)
4. Action (usaha untuk perlakuan/transaksi)
MENGIKAT  PELANGGAN
  • Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang dapat memuaskan konsumen mereka secara riil, agar tetap mengkonsumsi produknya.
  • Agar produk tetap eksis di pasaran perlu diperhatikan :
1. Sistem pengiriman,
2. Performa produk/jasa,
3. Citra (brand image),
4. Hubungan harga-nilai,
5. Layanan purna jual,
6. Kinerja perusahaan,
CARA MEMENANGKAN PERSAINGAN PASAR
  • Perlu ada strategi pemasaran yang berorientasi pasar dan diharapkan dapat mengantisipasi seluruh keinginan dan kebutuhan konsumen.
  • Dalam lingkungan yang kompetitif  harus dapat diketahui melalui riset pasar sehingga perusaha-an mendapatkan informasi tentang:
1. Barang/jasa (barang konsumsi, barang industri,
2. Jalur pemasaran (pertimbangan: pasar,barang, perusahaan, perantara)
3. Harga barang,              
4. Mutu barang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar